MEMILIH DUA PILIHAN


Hallo sobat... dalam hidup terkadang pasti  ada hal- hal yang datang diluar dugaan kalian,  rencana yang awalnya telah tersusun rapi, tiba-tiba harus berubah, karena munculnya beberapa hal yang tak terduga tersebut. Dalam keadaan seperti ini kalian akan diletakkan dalam dua pilihan di sebuah situasi yang berbeda dan keduanya sama-sama penting bagi kalian.

Memilih dua pilihan tersebut bisa, terjadi pada saat kalian harus memutuskan mengikuti dua organisasi yang berbeda dan sama-sama penting menurut kalian, tetapi kalian harus memutuskan memilih salah satu atau pada saat kalian harus memilih antara kalian mengikuti organisasi yang mengasah soft skill dan hard skill kalian atau bekerja part time yang menambah pengalaman kerja kalian.



sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgy283nuGSsQlimvqFiX8MugOKzLyIKlxwPqu3n-Kfd8cHaflZHpuN_HcsjtE32aodGT2R8_5a31T8Ftp8IRnWo15aIpbUUoRtX2_9WEi4tbgv9ekl7hKWc0aM3bW86WHdQj2azfvz19Hw/s320/menentukan-pilihan.jpg

Terkadang saat berada di dua pilihan yang menyulitkan bagi kalian, pasti kalian membutuhkan orang lain untuk sekedar bertanya atau meminta pendapat tentang apa yang sedang kalian alami.  Sebenarnya sebelum kalian bertanya kepada orang lain, sebaiknya kita bertanya kepada diri sendiri. Bertanya pada diri kira-kira kalian cocok dimana hehe.

Untuk membantu sobat-sobat semua untuk memilih dua pilihan yang menyulitkan, saya akan memberi tips tentang hal terssebut :

1.         Pertimbangkan hal- hal positif yang akan kalian dapat
Misalnya saat kalian bingung untuk memilih dua organisasi yang menurut kalian sama-sama penting, pertimbangkan hal-hal positif yang akan kalian dapat, uraikan setiap hal-hal positif dari kedua organisasi tersebut dalam selembar kertas agar memudahkan kalian untuk menjabarkan hal-hal positif tersebut.

2.       Pertimbangkan dampak negatif dari keduanya, jika kalian meninggalkan hal tersebut
Misalnya saat kalian akan memutuskan untuk meninggalkan organisasi A, kalian harus mempertimbangkan dahulu dampak negatif apa yang akan kalian dapat setelah kalian memutuskan untuk meninggalkan organisasi tersebut.

3.       Cari alternatif lain
Misalnya saat kalian telah resmi meninggalkan organisasi A tersebut, dan kalian masih bingung untuk mengembangkan lagi soft skill kalian setelah itu, kalian dapat mencari alternatif lain yang mendukung soft skill kalian di organisasi yang kalian tinggalkan, misalnya megikuti workshop, kursus yang tidak terikat dll.

4.        Prioritaskan yang paling kamu butuhkan
Misalnya saat kalian bingung antara ingin mengikuti organisasi untuk melatih soft skill dan hard skill atau kerja mendapat pengalaman kerja dan uang, langkah kalian adalah tentukan yang menurut kalian paling penting dan mendesak bagi kebutuhan kalian, misalnya kalian saat itu sedang membutuhkan uang, jadi kalian dapat memutuskan mengambil pekerjaan.

5.       Jangan terburu-buru
Saat kalian memutuskan sesuatu jangan berada disituasi kalian sedang panik atau marah, biasanya keadaan seperti itu adalah keadaan dimana kalian masih labil dan masih cenderung terburu-buru saat memutuskan sesuatu, jadi putuskanlah sesuatu pada saat pikiran kalian sedang tenang, kalian bisa menganalisis nilai plus dan minusnya dari keputusan kalian.

6.       Meminta pendapat orang lain
Tidak ada salahnya jika saat kalian telah buntu untuk memutuskan dua pilihan yang sulit untuk bertanya pada orang lain, misalnya keluarga kalian dan orang-orang atau sahabat yang kalian percaya.

Itulah tips sederhana saat kalian harus memutuskan dua pilihan yang sulit, semoga tips sederhana diatas dapat membantu kegalauan hati sobat sekalian ya..




Komentar