HAPPY WORLD MENTAL HEALTH DAY
Tepat hari ini, 10 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Internasional. 
Dikutip pada laman https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/10/153859920/hari-kesehatan-mental-dunia-who-fokus-pada-tiga-hal-ini mengatakan bahwa Organisasi PBB Bidang Kesehatan, World Health Organization
 ( WHO), menyebut kalangan remaja dan dewasa muda menjadi kelas usia yang paling rawan mengalami gangguan kesehatan mental.

Beberapa waktu yang lalu, sering mendengar bahwa banyak kasus remaja yang melakukan bunuh diri karena berbagai hal, salah satunya adalah adanya gangguan kesehatan mental yang tidak disandarinya. Gangguan kesehatan bukan hanya terjadi pada kesehatan fisik tetapi juga terdapat gangguan kesehatan psikis yang menyerang mental seseorang.

 Biasanya saat seseorang mengalami permasalahan gangguan kesehatan ini tidak menyadari bahwa mereka tengah mengalami gangguan kesehatan mental, yang ditakuti adalah jika terlalu lama seseorang tidak menyadari masalah kesehatan mental tersebut  berujung pada bunuh diri. Menurut data infografik yang didapat dari Hidup sehat, didapat beberapa hal sebagai berikut.



  Dari gambar infografik tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa tingkat bunuh diri banyak dilakukan oleh kaum laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Faktor yang paling banyak mempengaruhi seseorang untuk melakukan bunuh diri adalah munculnya deperesi berat akibat putus cinta, masalah ekonomi, keluarga tidak harmonis, dan masalah sekolah, pada tahun 2013 kasus bunuh diri di Indonesia mengalami penurunan.
Gangguan kesehatan mental yang sering terjadi bukan hanya ditandai dengan depresi tetapi adanya kecemasan pada diri seseorang. 

Terkadang kita tidak aware terhadap diri kita sendiri, apalagi terhadap kesehatan mental kita, sehingga seringkali kita menganggap bahwa permasalahan seperti depresi, cemas, mood naik turun kita anggap hal biasa. Tetapi jika lama-lama hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada mental kita. Jadi dengan banyaknya permasalahan tersebut kita harus dapat mengenali diri kita sendiri untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut tanda-tanda jika mental kita sedang tidak sehat :

·         Mudah marah, Terkadang seseorang yang mentalnya sedang tidak baik memicu pada mood yang naik turun hal ini berdapak pada intensitas seseorang untuk marah semakin tinggi.

·         Merasa sedih dan cenderung tak punya harapan, Saat seseorang terlalu sedih terkadang muncul rasa pesimis dalam berharap.

·         Muncul niatan untuk mengakhiri hidup, tanda ini harus dapat diwaspadai karena jika muncul hal tersebut maka perlu seseorang untuk menceritakan permasalahan yang kamu hadapi

·         Takut tanpa alasan, tekadang adanya rasa takut yang muncul tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan adanya kondisi mental yang sedang tidak stabil

·         Susah tidur, saat seseorang tengah mengalami gangguan kesehatan pada mental selalu ditandai dengan pola tidur yang berubah salah satunya adalah kecenderungan untuk susah tidur.

·         Lesu, Jika dilihat  seseorang yang tengah mengalami gangguan pada kesehatan mental cenderung terlihat lesu dalam menjalani hari-harinya.

Lalu bagaimana caranya untuk memulihkan mental dan memanajemen kesehatan mental, berikut cara-caranya yang dikutip dari https://hellosehat.com/penyakit/penyakit-mental/ :

Ø  Heal. Anda harus diberi tahu tentang cara untuk menjaga kesehatan mental dan membuat pilihan yang sehat untuk mendukung kesejahteraan fisik dan emosional.
Ø  Home. Anda perlu bekerja sama dengan keluarga, teman dan tim medis untuk menciptakan tempat yang stabil dan aman untuk tinggal.
Ø  Purpose. Anda harus mengambil bagian dalam kegiatan sehari-hari, menjadi relawan, atau merawat keluarga Anda sendiri. Lanjutkan pekerjaan Anda agar dapat mendukung diri Anda secara finansial.
Ø  Community. Anda dapat bergabung dengan kelompok tertentu untuk membangun hubungan dan jaringan sosial.

Selain itu kita harus senantiasa untuk berpikir positif,  sedikit jalan-jalan untuk meredakan kepenatan dalam bekerja, ataur pola makan yang sehat, olahraga teratur dan bisa juga dengan melakukan kegiatan yoga atau meditasi.

Selamat Hari Kesehatan Mental Internasional. Dari saya mengucapkan - Your so precious ~ jadi mari bersyukur menjalani hidup yang maha asik ini sobat.

NB: Sumber gambar : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/bunuh-diri-di-indonesia/ 

Komentar